TUGAS KESEHATAN
MENTAL
TENTANG teori
perkembangan kepribadian, berikut teori apa yang terkenaldari tokoh
Erikson, Freud, dan Allport.
OLEH :
RESTIE WIDYASPUTRI
2PA05
15511996
UNIVERSITAS GUNADARMA
2013
TUGAS 2 : terangkan
tentang teori perkembangan kepribadian, berikut teori apa yang terkenal
dari tokoh Erikson, Freud, dan Allport .
Teori Kepribadian menurut Freud
Apa temen tahu tentang teori kepribadian menurut Freud ??
menurut pendapat
saya Freud merupakan
psikologi pertama yang menekankan aspek –aspek perkembangan Kepribadian dan
terutama menekankan peranan menentukan dari tahun – tahun
Awal masa bayi dan kanak – kanak dalam
meletakan struktur watak dasar sang pribadi. Freud menyakin bahwa anak
adalah ayah manusia,sementara freud jarang menyelidik
anak – anak kecil secara langsung. la lebih
suka melakukan rekonstruksi tentang kehidupan masa silam sesorang berdasarkan
efidensi yang terhadap dalam ingatan dimana dewasa.
Kepribadian freud berkembang sebagai respon terhadap
4 sumber pokok yaitu :
1.
Proses
– proses pertumbuhsn fidiologis
2.
Frustasi
– frustasi
3.
Konflik
– konflik
4.
Ancaman
– ancaman
Adapun tahap-tahap perkembangan
Freud
• Tahap oral 0 – 1 tahun
Sumber kenikmatan pokok yang berasal dari mulut adalah makanan, dua macam aktivitas oral ini yakni menelan makanan dan menggigit.
• Tahap anal 1 – 3 tahun
Setelah makanan dicernakan, maka sisa makanan menumpuk di ujung bawah dari usus dan secara refeks akan dilepaskan keuar apabila tekanan pada otot lingkar dubur mencapai taraf tertentu.
• Tahap phalik 3 – 5 tahun
Yang menjadi pusat dinamika adalah perasaan –perasaan seksual dan agresif berkaitan dengan muai berfungsinya organ – organ genital.
• Fase laten 5 – 12 tahun
Menemukan kekuatan dan kecemasan, bergaul dengan teman-teman sejenis
• Fase Genital > 12 tahun
Individu mendapatkan kepuasan dari stimulasi dan manipulasi tubuhnya sendiri sedangkan orang-orang lain dikateksis hanya karena membantu memberikan bentuk-bentuk tambahan kenikmatan tubuh bagi anak.
• Tahap oral 0 – 1 tahun
Sumber kenikmatan pokok yang berasal dari mulut adalah makanan, dua macam aktivitas oral ini yakni menelan makanan dan menggigit.
• Tahap anal 1 – 3 tahun
Setelah makanan dicernakan, maka sisa makanan menumpuk di ujung bawah dari usus dan secara refeks akan dilepaskan keuar apabila tekanan pada otot lingkar dubur mencapai taraf tertentu.
• Tahap phalik 3 – 5 tahun
Yang menjadi pusat dinamika adalah perasaan –perasaan seksual dan agresif berkaitan dengan muai berfungsinya organ – organ genital.
• Fase laten 5 – 12 tahun
Menemukan kekuatan dan kecemasan, bergaul dengan teman-teman sejenis
• Fase Genital > 12 tahun
Individu mendapatkan kepuasan dari stimulasi dan manipulasi tubuhnya sendiri sedangkan orang-orang lain dikateksis hanya karena membantu memberikan bentuk-bentuk tambahan kenikmatan tubuh bagi anak.
Teori kepribadian tentang Erik Erikson
Temen tahu
tidak apa sich teori Erik Erikson itu??
Erik Erikson adalah seorang psikolog yang merupakan murid dari Sigmund Freud
seorang tokoh psikoanalitik. Erikson mengambil psikoanalitik sebagai dasar
teorinya namun ia mengikut sertakan pengaruh-pengaruh sosial individu dalam
perkembangannya. Berbeda dengan Freud yang berpendapat bahwa pengalaman masa
kanak-kanak, terutama di lima tahun awal, yang mempengaruhi kepribdian
seseorang ketika dewasa. Erikson berpendapat bahwa masa dewasa bukanlah sebuah
hasil dari pengalaman-pengalaman masa lalu tetapi merupakan proses kelanjutan
dari tahapan sebelumnya.
Erik Erikson
membantah ide Freud yang mengatakan bahwa identitas sudah ditentukan dan
terbentuk sejak kanak-kanak, pada usia lima atau enam tahun. Erikson
berpendapat bahwa pembentukan identitas merupakan proses yang berlangsung
seumur hidup.
TAHAP PERKEMBANGAN ERIKSON
• BASIC TRUST
VS MISTRUST
Pada perkembangan ini bayi mengembangkan perasaan nyaman pada suatu tempat yg baik dan aman yaitu orangtua. Yang berfungsi mengembangkan rasa percaya pada bayi.
Pada perkembangan ini bayi mengembangkan perasaan nyaman pada suatu tempat yg baik dan aman yaitu orangtua. Yang berfungsi mengembangkan rasa percaya pada bayi.
• AUTONOMY VS
SHAME AND DOUBT
Pada tahap ini menentukan tumbuhnya kemauan baik dan kemauan keras, anak mempelajari apa yang diharapkan, apa kewajiban dan haknya di sertai batasan yg dikenakkan pada dirinya.
Pada tahap ini menentukan tumbuhnya kemauan baik dan kemauan keras, anak mempelajari apa yang diharapkan, apa kewajiban dan haknya di sertai batasan yg dikenakkan pada dirinya.
• INITIATIVE VS GUILT
Pada tahap ini menumbuhkan inisiatif
anak pada masa awal anak masuk sekolah ataupun taman kanak – kanak dan
mengembangkan perilaku yang bertujuan untuk mengatasi tantangan dan tanggung
jawab.
• INDUSTRY
VS INFERIORITY
Pada masa ini
berkembang kemampuan deduktif, disiplin diri dan kemampua berhubungan dengan
teman sebaya serta rasa ingin tahu akan meningkat.
• EGO IDENTITY
VS ROLE CONFUSION
Pada tahap ini remaja atau individu dapat mengenal lebih dalam tentang dirinya, sifat – sifat mereka, keinginan atau cita – cita, yg bersifat mengenai pribadi.
Pada tahap ini remaja atau individu dapat mengenal lebih dalam tentang dirinya, sifat – sifat mereka, keinginan atau cita – cita, yg bersifat mengenai pribadi.
• INTIMACY
VS ISOLATION
Pada masa ini menumbuhkan kemampuan dan
kesediaan meleburkan diri dengan diri orang lain, tanpa merasa takut merugi
atau kehilangan sesuatu yang ada pada dirinya yang disebut intimasi. Sedangkan
isolasi adalah ketidak mampuan bergaul dgn org lain.
•
GENERATIVITY VS STAGNATION
Pada
masa ini menunjukkan perhatiannya terhadap apa yg dihasilkan, keturunan, ide –
ide , produk – produk yg berkaitan dengan kehidupan generasi mendatang adalah
merupakan hal yg positif. Sebaliknya, jika tidak di ungkapkan maka kepribadiannya
akan mundur atau stagnasi .
• INTEGRITY VS DESPAIR
Masa untuk melihat kembali apa yg telah kita dapat atau raih dari
kehidupan kita yg lalu. Kehidupan yg merasa hasilnya puas adalah integritas dan
sebaliknya jika rugi adalah despair
Teori kepribadian
tentang Allport
Apakah
kalian tahu semua tentang teori Allport ?? Gordon W. Allport adalah
tokoh psikologi yang menentang psikoanalisa, ia adalah tokoh yang memberikan
sumbangan besar dalam kamus psikologi. Ia banyak menemukan kata-kata yang
berhubungan dengan sifat. Ia juga dianggap sebagai bapak Psikologi
Kepribadian dari Amerika.
Ia mengatakan bahwa manusia
itu dipengaruhi oleh kesadarannya yang meliputi
3 komponen berikut :
1. Dynamic Organization
Komponen ini menyatakan bahwa
kepribadian itu mengalami perkembangan dan perubahan
2. Psychophysical System
Komponen ini menyatakan bahwa
kepribadian bukan hanya suatu hal yang tersirat namun kepribadian adalah hal
yang nyata dan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan.
3. Determine
Komponen ini menyatakan bahwa
kepribadian bukan hanya suatu konsep namun ia dapat mengerjakan sesuatu dan
mempengaruhi tingkah laku seseorang
Sturuktur Kepribadian
1. Sifat (Trait)
Di dalam kepribadian terdapat sifat
dasar yakni : (Nyata, Berkembang, Fleksibel, Empirik dan Kemandirian yang
relatif). Nah dari 5 sifat dasar ini, terdapat sifat umum dan sifat khusus yang
berkembang pada tiap-tipa sifat dasar.
2. Traits-Habit-Atitud
Dalam struktur ini, dinyatkan bahwa
kepribadian dapat dibentuk karena sifat dasar, kebiasaan, sikap dalam
menghadapi sesuatu, dan kategori nomotetik
3. Trait dan Konsistensi Pribadi
Stuktur ini mengarah pada praktikum
stimulus-respon. dia membagi atas 3 trait didalamnya. yaitu (gregorius=suka
berteman);(shyness=pemalu) dan (self esteem=kepercayaan diri).
4. Propium
Naaahh, propium ini adalah struktur
yang membahas tentang perkembangan baik itu dalam emosi, kecakapan individu,
kemampuan persepsi dan tujuan hidup seseorang. Perkembangannya sama dengan perkembangan
sigmund freud, ia membaginya dalam 5 tahap yaitu Oral, Anal, Phalic,
Laten dan Genital.
5. Motivasi
Kekuatan dari stuktur notivasi dalam
pribadi menurut Gordon allport berbeda dengan yang lain, dimana ia mengatakan
bahwa yang paling menunjang dala motivasi ialah kemampuan kognitif dan
perencanaan hidup. Dari dua hal itu, ia mampu membentuk motivasi dalam dirinya
karena ia telah memiliki kemampuan kognitif dan perencanaan.
6. Otonomi Fungsional
Otonomi fungsional adalah struktur
yang membahas tentang keanekaragaman pribadi. Kenapa ada yang suka membaca?
Kenapa ada yang suka Melukis? itulah yang disebut dengan keanekaragaman pribadi
yang dibagi dalam dua tingkat otonomi yaitu: Kebiasaan dan Minat. Kebiasaan
adalah struktur yang terbentuk dari keterikatan lingkungan kita. Misalnya jika
kita tinggal di lingkungan yang banyak pemain bola, maka kita akan ikut juga
untuk bermain bola, sedangkan Minat adalah stuktur yang terbentuk
dari kesadaran akan target yang kita inginkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar